Begini Langkah Selanjutnya Setelah Lolos PTN

Jakarta, ForumJabar.com–Rabu kemarin (28/05/2025), hasil UTBK SNBT 2025 baru saja diumumkan. Total ada 860.976 siswa yang mendaftar demi lolos ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Dari angka tersebut, 253.421 siswa atau sekitar 29,43%  berhasil lolos ke PTN.

Setelah dinyatakan lolos ke PTN, apa yang harus dilakukan oleh para peserta?

Jika kamu lolos ke PTN, maka kamu harus mengikuti tahapan selanjutnya agar kamu kepesertaan kamu tidak gugur atau dianggap mengundurkan diri.

Nah, berdasarkan aturan Kemendikti para peserta yang lolos harus melakukan daftar ulang di PTN bersangkutan. Jangan kuatir, daftar ulang ini dapat dilakukan secara online, sehingga peserta yang berada jauh dari lokasi PTN tetap dapat mengikuti proses selanjutnya.

Periode daftar ulang dapat berbeda-beda di setiap PTN, namun secara umum syarat dan tatacaranya hampir sama di semua PTN.

Berikut tahapan daftar ulang berdasarkan referensi sejumlah PTN favorit di Indonesia.

 

Buka website PTN

Setelah kamu dinyatakan lulus, biasanya ada menu daftar ulang di setiap website PTN tujuan kamu. Klik menu tersebut dan ikuti langkah sesuai yang diarahkan.

Siapkan dokumen
Biasanya peserta akan diminta mengunggah sejumlah file dokumen pribadi untuk keperluan registrasi. Maka kamu harus menyiapkan dokumen seperti :

  • Kartu Tanda Pengenal (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah, atau Surat Keterangan Lulus ditandatangan Kepala Sekolah atau Dekan, 
  • Kartu BPJS Kesehatan, jika sudah memiliki
  • Kartu anggota asuransi kesehatan jika ada
  • dan dokumen lainnya 

Selanjutnya dokumen-dokumen tersebut kamu scan atau foto, lalu kamu ubah filenya menjadi file PDF. Ini merupakan persiapan saat kamu melakukan registrasi karena pastinya kamu bakal diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen tersebut.

Isi formulir

Berikutnya kamu biasanya akan diminta mengunduh formulir pendaftaran. Setelah diunduh kamu isi data tersebut dengan benar. 

Unggah dokumen

Peserta biasanya akan diminta untuk mengunggah dokumen pribadi seperti yang telah kamu siapkan sebelumnya, yakni :

  • Unggah file scan KTP atau Kartu Keluarga
  • Unggah file Scan Surat Pernyataan yang telah ditandatangani di atas meterai
  • Unggah file ijazah atau Surat Keterangan Lulus

Ikuti tahap selanjutnya

Jika semua proses tersebut selesai, kamu tinggal mengikuti langkah selanjutnya. Biasanya langkah tersebut berisi jadwal registrasi offline, jadwal kuliah, serta biaya-biaya pendidikan yang harus dibayar. 

 

Demikian tahapan selanjutnya yang kamu harus ikuti agar kamu dapat diterima di kampus idaman kamu. 

Selamat!!

 

Related posts